Jumat, 27 Maret 2009

Waspadai Mendengkur

Kebiasaan mengorok atau mendengkur di waktu tidur memang terkesan sepele. Namun tahukah anda kalau ngorok dapat memicu penyakit jantung, pembuluh darah, stroke, darah tinggi, kencing manis dan impoten.

Menurut penelitian, 15 persen dari populasi di Indonesia mendengkur pada waktu tidur. 15 persen tersebut mulai dari orang dewasa sampai dengan anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan.

dr. Wiyono Hadi SpTHT dari RS PHC Surabaya, menjelaskan, bahwa mendengkur atau mengorok adalah akibat dari tersumbatnya sebagian dari saluran atas sehingga bisa menimbulkan bunyi yang bisa mengganggu sekitarnya. Sumbatan tersebut bisa memiliki potensi sumbatan total, seperti tidak mempunyai nafas dan kekurangan oksigen.

Sumber munculnya ngorok ini karena 3 hal yakni, pada hidung, tenggorokan pada pangkal lidah dan langit-langit mulut yang lunak. Dan apabila sumbatan tersebut dibiarkan, maka berpotensi menimbulkan penyakit jantung, penyumbatn pembuluh darah, stroke, kencing manis dan impoten.

Pada anak-anak, biasanya kebiasaan mengorok disebabkan oleh pembengkakan amandel. sedangkan pada orang dewasa, mengorok biasanya timbul karena berat badan yang berlebih. Lemak yang ada di sekitar leher menyumbat saluran pernapasan dan mengakibatkan dengkuran di waktu tidur.

Index >>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar